Selasa, Oktober 07, 2008

Training Java

Setelah mengikuti pelatihan Java yang diselenggarakan oleh PT. Astra Honda Motor, selama kurun waktu 11 hari ( 8 Jam ), ternyata telah mendorong dan mengubah cara saya melihat satu development tools, dan merasa menemukan satu mainan baru yang menantang diri saya untuk mengeksplorasi teknologi java lebih dalam.

Why ?
  1. Konsep OO Java tidak banyak berbeda dengan Delphi yang selama ini terus saya geluti
  2. Multiplatform ( tidak hanya harus bergantung pada satu OS ( saat ini sedang saya explore )
  3. Teknologinya terus berkembang
  4. Banyak pilihan Framework yang bisa digunakan ( banyak gratisannya lagi ... )
Sebelumnya sich pernah juga mengikuti training dotNet ( VB.net, C#), tapi kok rasanya tidak menantang saya untuk mengeksplore lebih dalam, sempat coba-coba buat aplikasi tapi kok lebih senang balik ke Delphi.

Tetapi setelah mengikuti pelatihan java, saya tertantang untuk mencoba mengeksplore dan mengembangkannya ke dalam aplikasi, dimana saya ingin migrasikan aplikasi yang telah saya buat sebelumnya ke dalam Java. Meskipun saat ini pengetahuan soal java, masih sangat dangkal sekali, tapi saya tetap optimis, saya pasti bisa melakukannya. Apalagi begitu masuk ke mbah google, woowwww banyak sekali ternyata komunitas java di jagat maya ini.

So. Java here I Come

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Ya good job Mr Rahman. Kembangkan n asah trs javanya (pake batu asahan).Kapan2 ajarin gw ya....Ooya tambahin info2 apa aja, jd pengunjung dpt ilmu dr kunjungan blogger U. Ocre tetap semangat Mr Rahman.

LU - Q mengatakan...

Cihuuuy... :D

Akhirnya Bos gw bikin Blogs..

Bakalan seru nih kayaknya, mengingat dan menimbang Doi ga' pelit ilmu.. Hehehehe.. :)

Buat ente yang mau ketularan pinternya, jangan sampe' ketinggalan sepak terjang bos yang satu ini.. Up to date terussss..

Ditunggu bos tinta emasnya.. hahaha..

Cayoooo.. !!!!

LU-Q

A Rahman mengatakan...

Salam kenal Pak. Nama Saya A Rahman, panggilan kita sama Rahaman.

Saya juga bikin prog pake Delphi dan ingin belajar Java.

Boleh sharing tentang belajar Java Pak.

S. Faturrahman mengatakan...

Waduh, terima kasih kang Rahman atas kunjungan anda ke blog saya. Terus terang saya blom sempat lagi menulis di blog ini karena masalah klise, terlalu sibuk dengan pekerjaan.

Kalo kang Rahman semangat mo belajar Java, saya ucapkan selamat karena hal Menurut saya tidaklah mudah. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya yang hingga saat ini masih terus berusaha mempelajari Java.

Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mempelajari Java, menurut saya adalah:
1. Mindset(Pola berfikir) ini menurut saya tidak mudah lho, apalagi kalo anda berasal dari Delphi dimana dalam hal UI (di desktop), java menurut saya masih kalah jauh kalo harus bersaing dengan delphi. Tapi kembali lagi ke topik utamanya, kalo memang berniat untuk mempelajari Java, ya hrs bisa menerima donk.

2. Mental, terutama pantang menyerah. Why? spt yg saya sebutkan diatas kalo soal UI didesktop java msh kalah jauh dari delphi, tp kita tidak boleh menyerah. begitu anda mengerti OO Design Java, menurut saya masalah itu pasti akan ada solusinya

3. Sabar, trus terang belajar Java menurut saya menuntut kesabaran luar biasa, karena saat ini framework java (khususnya di WEB) itu ribuan mas, dan masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan

Menurut saya itu yang msh dipersiapkan dlm diri kita kalo mo blajar Java